YayBlogger.com
BLOGGER TEMPLATES

Senin, 06 Februari 2012

Ramadhan in Campus Life


Ramadhan datang alam pun riang
Menyambut bulan yang berkah
Umat berdendang kumandang adzan
Pertanda hati yang senang
Ketika mendengarkan sebait  lagu “Ramadhan Datang” dari Tompi ini, saya merasakan atmosfer yang berbeda pada bulan Agustus yang notabene sedang berada pada masa musim pancaroba. Ramadhan kali ini datang ketika sisa-sisa kemarau masih sangat terasa. Saya berfikir, mungkin inilah keberkahan Ramadhan.
Ramadhan di kampus memang terasa berbeda dibandingkan di rumah. Apalagi bagi maba (mahasiswa baru), mereka diharuskan menghadapi Masa Pengenalan Akademik (MPA). Kegiatan yang kurang lebih berlangsung selama tiga hari ini, tentulah akan menguras tenaga dan fikiran maba. Pagi-pagi buta mereka harus berangkat ke kampus. Ketika tiba senja, atau bahkan telah memasuki waktu berbuka barulah mereka pulang. Orientasi dilakukan pada saat Ramadhan bukan karena tidak diperhitungkan sebelumnya. Mengingat pada bulan September, kita telah memasuki kegiatan belajar mengajar lagi.
Campus life, begitulah beberapa mahasiswa menyebut kehidupan kampus yang tak pernah mati. Dari pagi hingga malam menjelang, kampus tak pernah sepi. Selalu dipenuhi oleh mahasiswa-mahasiswa yang berjuang atau memperjuangkan rakyat. Baik yang hanya sekedar belajar saja, maupun yang sibuk berorganisasi.
Kampus adalah tempat dimana kita berhasil mencapai suatu pencapaian. Ibarat manusia yang ingin naik pangkat, kampus juga merupakan suatu tempat bagi kita untuk meningkatkan level kehidupan kita. Terdapat kemiripan dengan Ramadhan disini. Ramadhan merupakan satu dari dua belas bulan yang dinanti di hati. Ketika Ramadhan, level pahala pun meningkat. Seperti kata Rasullullah yang dikutip dari sebuah buku (Pedoman Puasa, T.M. Hasbie Ash Shiddieqy), bahwa setiap orang yang berbuat kebajikan untuk bertaqarrub kepada Allah di bulan Ramadhan, maka sama dengan mengerjakan suatu amal fardlu di bulan yang lain, sedangkan untuk kegiatan amaliyah yang wajib, bernilai tujuh puluh kali dibanding dengan bulan yang lain.
“Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah telah mewajibkan kepada kalian untuk berpuasa. Pada bulan itu Allah membuka pintu-pintu surga dan menutup pintu-pintu neraka.” (HR. Ahmad).
Maka dari itu, tetaplah bersemangat mengerjakan tugas-tugasmu wahai mahasiswa, agen-agen perubah peradaban. Kerjakan aktivitasmu dengan tulus ikhlas untuk mengharap ridhoNya. Karena setiap detikmu begitu berharga di bulan penuh keberkahan dan ampunan.  Semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung :D



(Ditulis untuk: Buletin LebahKu ^^)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar