YayBlogger.com
BLOGGER TEMPLATES

Senin, 06 Februari 2012

TIPS MENJALANI MPA PADA SAAT RAMADHAN

Ramadhan bulan penuh kemenangan. Di dalam bulan ini terdapat malam-malam yang lebih utama dari malam seribu bulan. Ramadhan adalah sebuah momen besar bagi kita untuk meningkatkan ketaqwaan kita pada Allah Azza Wa Jalla. Bulan ini merupakan ladang emas untuk menumpuk lipatan-lipatan pahala, karena dalam keadaan menahan haus, lapar, serta menahan hawa nafsu, kita tetap bekerja seperti biasanya. Dalam keadaan seperti ini, jangan jadikan alasan berpuasa sebagai tameng untuk bermalas-malasan. Ini adalah sebuah ajang untuk mengshow up diri kita kepada Allah, bahwa kita juga mampu menjadi seorang muttaqin….
Masa Pengenalan Akademik (MPA) adalah sebuah masa bagi para Mahasiswa Baru (MABA) untuk mengenal lingkungan sekitar, seperti teman-teman kampus, area kampus, maupun sivitas akademika yang lain, seperti kajur, dekan, rektor, dan perangkat kampus lainnya. Nah, dalam keadaan berpuasa, jangan takut untuk mengikuti serentetan acara yang dipersembahkan untuk menyambut kalian para MABA. Berikut ini ada tips-tips untuk menjalani MPA pada bulan ramadhan :
1.        Jangan lupa sahur
Hampir lebih dari 8 jam berada di areal kampus untuk menjalani MPA, pasti kita butuh tenaga yang lebih banyak daripada hari biasanya dong? Rasullullah SAW bersabda, “Sahurlah kamu, karena dalam sahur itu terdapat berkah yang besar”. Sahur itu sangat penting, karena pada saat berpuasa, asupan-asupan gizi akan hilang seiring dengan berjalannya kegiatan yang kita lakukan. Sebelum imsak, sempatkan untuk memakan makanan berserat dan protein tinggi, agar energi kita terbangun. Jadi gak perlu takut pingsan saat MPA deh.

2.       Niatkan hati
Kalau sudah niat sepenuh hati, tentunya pikiran akan semakin jernih. Kalau pikiran sudah jernih, tubuh akan tersugesti untuk melakukan hal-hal dengan penuh semangat. Kalau semangat sudah setinggi angkasa, pekerjaan apapun tentu menjadi lebih cepat selesai dan hasilnya akan lebih memuaskan. Sama halnya dengan MPA. Kalau kita udah enjoy, karena niat menjalankannya, perjalanan kegiatan yang melelahkan tapi mengasyikkan ini pasti gak akan kerasa.

3.       Kendalikan emosi
MPA berbeda dengan OSPEK. Tidak mengikuti “Pasal 1, senior selalu benar, junior selalu salah. Pasal 2, kalau senior salah lihat pasal 1”. MPA sekarang merupakan sebuah masa orientasi, bukan ajang bermain emosi. Nah, walaupun begitu, mungkin di dalam masa pengenalan ini ada sedikit hal-hal yang mengguncang emosi kita. Rasulullah bersabda bahwa puasa itu bukan hanya menahan lapar dan dahaga tetapi juga menahan nafsu. Psikolog juga mengatakan bahwa emosi yang terkontrol membuat tubuh menjadi lebih sehat.

4.      Mengikuti kegiatan MPA dengan penuh perhatian
Jangan menyia-nyiakan waktu dengan mengobrol atau bergosip. Panitia MPA tentu telah mempersiapkan materi-materi yang bagus untuk para junior memasuki gerbang kehidupan yang baru. Ramadhan itu singkat. Setiap detiknya adalah berharga bagi kita. Maka dari itu pergunakan waktu sebaik-baiknya.
Barangsiapa jujur kepada Allah, maka Allah akan membantunya dalam melaksanakan agenda-agendanya dan memudahnya melaksanakan aktivititas-aktivitas kebaikan.

5.       Memanfaatkan waktu istirahat untuk berdzikir di mesjid
Manfaatkan waktu istirahat dengan shalat sunah, tilawah atau berdzikir di mesjid. Penuhi ruhiyah dengan ibadah, sehingga kita dapat menjalani kegiatan di waktu kosong dengan lebih bermanfaat.

6.      Sering-sering bertanya kepada kakak pembimbing
Di dalam MPA, tentu kita mendapatkan kakak pembimbing yang senantiasa menemani kita. Nah, rajin-rajinlah bertanya seputar kehidupan mahasiswa. Dengan demikian, kita akan mendapatkan keuntungan, mengetahui seluk-beluk kampus lebih dalam.

7.       MPA adalah ajang bersosialisasi
Ingatlah bahwa selain hablumminallah, kita juga harus membentuk hubungan hablumminannas. Karena kita sebagai Maba adalah warga baru kampus, kita harus hormat kepada warga yang lain. Jadikan hubungan kita dengan manusia lain sebagai ladang untuk menimbun pahala-pahala.

8.      Menyegerakan berbuka
Setelah seharian bergelut dengan dunia yang baru. Tubuh pasti kehilangan energi dan cairan yang begitu banyak. Maka dari itu, ketika adzan berkumandang, segerakan berbuka. “Manusia senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka” (Muttafaqun Alaihi).

Selamat berpuasa…..
Jalani hari kalian  dengan penuh semangat!
Happy fascinating fasting! Keep light up your spirit!

(Ditulis untukartikel mading FSIKU - REMIND)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar